Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Jatuh ke Sawah, Pesawat Latih TNI Tabrak Pohon

Kompas.com - 12/08/2014, 16:18 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SUKOHARJO, KOMPAS.com — Kecelakaan pesawat terjadi di Dukuh Jagodayoh, Carikan, Sukoharjo, pada Selasa (12/8/2014) siang. Pesawat latih jenis AS 2022 milik TNI AU Adi Sumarmo hilang kontak sekitar pukul 11.57 (baca: Pesawat Latih TNI Mendarat Darurat di Persawahan). Setelah itu, terdengar informasi bahwa pesawat tersebut jatuh di area persawahan.

"Sempat hilang kontak, dan pesawat ternyata jatuh. Semua penumpang selamat, tidak ada korban. Kita akan selidiki penyebab kecelakaan," kata Kolonel Penerbang Agus Radar Sucahyo, Komandan Lapangan Udara Adi Sumarmo.

Pesawat latih buatan Swiss tahun 1980-an tersebut diterbangkan oleh Mayor Penerbang Surono dan Serma Tama, siswa penerbang Lanud Adi Sumarmo, sempat menabrak pepohonan milik warga sebelum terperosok di sawah. Menurut beberapa warga, pesawat kecil tersebut tidak menunjukkan adanya suara mesin, dan tiba-tiba hilang kendali.

"Sebelum jatuh tidak ada suaranya, lalu duarr seperti suara ledakan, dan pesawat sudah nyungsep," kata Nori, warga Carikan.

Rencananya, pesawat akan segera dipindahkan pada Selasa ini. Anggota TNI AU tampak berjaga-jaga, dan memasang garis pembatas hingga 500 meter untuk menghalau warga yang terus berdatangan ke lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com