Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah ISIS, MUI “Intervensi” Khotbah di Masjid

Kompas.com - 09/08/2014, 13:18 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan untuk mencegah pengaruh, paham dan bahaya Kelompok Negara Islam Irak dan Suria (ISIS) di Indonesia. Di Ambon, Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Maluku mencegah pengaruh ISIS dengan cara meminta setiap masjid memberikan pencerahan lewat mimbar khotbah.

“Kita minta para khatib di masjid-masjid agar memberikan khotbah yang sejuk. Ini sudah menjadi keputusan rapat yang kita ambil hari ini,” kata Ketua MUI wilayah Maluku, Idrus Toekan usai menggelar rapat bersama seluruh ormas Islam di Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (9/8/2014).

Idrus mengatakan, dia juga akan meningkatkan pembinaan bagi umat Islam di Maluku melalui dakwah agar masyarakat dapat memahami bahaya ISIS. Pembinaan akan difokuskan bagi generasi muda yang dinilai rentan.

“Kita akan terus melakukan pembinaan di masyarakat muslim terutama pemuda melalui pembinaan dakwah,” ungkap dia.

Penolakan terhadap keberadaan ISIS secara tegas disampaikan MUI Maluku. Dia menilai ISIS bertentangan dengan misi Islam sebagai agama yang membawa kedamaian. Selain itu, penolakan juga dilakukan karena perjuangan yang dilakukan ISIS untuk membangun negara khilafah dilakukan dengan cara-cara kekerasan.

“Apa yang dilakukan ISIS bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil alamin dan nilai-nilai kemanusiaan universal. ISIS juga telah membunuh banyak warga tak berdosa dan menghancurkan situs-situs Islam,” kata Wakil Ketua MUI Dr Abidin wakano saat membacakan hasil keputusan rapat MUI Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com