Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Ekor Gajah Kawal "Gunungan" Grebeg Syawal

Kompas.com - 29/07/2014, 12:20 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Empat ekor gajah dari Kebun Binatang Gembira Loka turut meramaikan mengawal arak-arakan Grebeg Syawal yang digelar, Selasa (29/7/2014).

"Ada empat ekor gajah. Ini dari Kebun Binatang Gembira Loka," ujar Tri, salah satu pekerja Kebun Binatang Gembira Loka, saat ditemui di Alun-alun Utara Yogyakarta, Selasa pagi.

Empat ekor gajah ini akan mengawal dua sesaji berupa gunungan. Dua gajah akan mengawal satu gunungan yang diarak ke Pura Pakualaman dan dua gajah mengawal gunungan yang diarak ke Kantor Kepatihan, sedangkan gunungan yang dibawa ke Masjid Agung dikawal oleh Bregodo Prajurit Keraton.

"Nanti akan di depan rombongan arak-arakan," ucapnya.

Tampak ribuan warga dan wisatawan yang berjajar di sepanjang Jalan Malioboro untuk mengabadikan momen ini. Bahkan, beberapa wisatawan berusaha berfoto dengan latar belakang gajah.

Grebeg Syawal ini merupakan agenda tahunan yang digelar setiap tanggal 1 Syawal bertepatan dengan berakhirnya bulan Ramadhan. Tradisi budaya yang digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta ini merupakan tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai perwujudan Hajad Dalem atau sedekah Sultan kepada rakyatnya.

Sedekah dilambangkan dengan gunungan yang terbuat dari beragam hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com