Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Menang di Ambon, Prabowo "Kuasai" Maluku Tengah

Kompas.com - 18/07/2014, 20:17 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul atas saingannya Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Kota Ambon. Jokowi-JK menang dengan memperoleh 100.744 suara. Prabowo-Hatta hanya meraih 76.136 suara.

Sementara di Kabupaten Maluku Tengah, pasangan Prabowo-Hatta menang dengan meraih 115.572 suara. Pasangan Jokowi-JK memperoleh 88.144 suara. Di dua wilayah ini terdapat jumlah penduduk dan pemilih terbanyak di provinsi Maluku.

Kemenangan kedua capres-cawapres di dua wilayah berbeda tersebut juga telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku dalam pleno rekapitulasi penghitungan suara yang berlangsung di Hotel Ambon Manise, Jumat (18/7/2014).

Secara umum, berdasarkan hasil rekapitulasi yang telah ditetapkan KPU kabupaten kota se-Maluku, pasangan Jokowi-JK unggul di enam wilayah yakni di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Sedangkan Prabowo-Hatta menang di lima wilayah yakni di Kabupaten Maluku Tenga, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kota Tual dan Kabupaten Buru.

Berdasarkan pantauan Kompas.com hingga Jumat malam, KPU Maluku sendiri baru menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari delapan kabupaten kota. Sedangkan, untuk Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya baru akan direkapitulasi pada Sabtu besok.

Meski demikian, berdasarkan data hasil rekapitulasi dari seluruh KPU kabupaten kota yang telah ditetapkan, pasangan Jokowi-JK unggul dengan meraih 443.040 suara (50,52 persen), sedangkan pasangan Praowo-Hatta meraih 433.984 suara (49.48 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com