Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Suara Nol untuk Jokowi-JK di Madura Bukan Pelanggaran Pemilu"

Kompas.com - 15/07/2014, 04:46 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berpendapat temuan suara nol untuk pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla bukanlah pelanggaran pemilu. Tim ini pun meminta Tim Pemenangan Jokowi-JK untuk bersikap lebih dewasa.

"Soal di suatu TPS, suara Jokowi-JK nol, itu sudah biasa dalam pemilu, di tempat lain juga ada laporan kami di suatu TPS suara Prabowo-Hatta nol. Itu bukanlah pelanggaran pemilu," kata Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Jatim, Soepriyatno, Senin (14/7/2014) malam.

Soepriyatno pun mengajak semua pihak untuk bersikap dewasa menyikapi dinamika hasil pemungutan suara untuk Pemilu Presiden 2014. Ketika tak satu orang pun memilih pasangan calon tertentu di suatu TPS, ujar dia, artinya sosialisasi pasangan lain lebih maksimal di tempat tersebut.

Sebelumnya, Timses Jokowi-JK menerima laporan bahwa pasangan nomor urut dua tidak mendapatkan satu pun suara di beberapa TPS di Sampang dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kondisi tersebut antara lain ditemukan di 17 TPS di Kecamatan Ketapang Timur, Kabupaten Sampang.

Di 17 TPS tersebut, pasangan Jokowi-JK tertulis tidak mendapatkan suara sama sekali. Timses Jokowi-JK curiga ada kecurangan dalam proses pemilu di sana.

Timses Jokowi-JK beralasan, wilayah tersebut merupakan salah satu basis signifikan dari Partai Kebangkitan Bangsa, yang dalam Pemilu Presiden 2014 mendukung pasangan Jokowi-JK. Selain itu, Sampang dan Bangkalan disebut memiliki rekam jejak buruk dalam proses pemilu selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com