Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarawih Pertama, Jokowi Shalat di Masjid Ali Akbar Surabaya

Kompas.com - 28/06/2014, 20:29 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Calon presiden Joko Widodo memilih Masjid Ali Akbar di Desa Sidosermo Dalem, Wonotolo, Surabaya, Jawa Timur, untuk menunaikan ibadah shalat tarawih pertamanya, Sabtu (28/6/2014) malam. Masjid itu berada di kawasan pesantren tertua di kota pahlawan itu.

Jokowi datang ke masjid sekitar pukul 18.45 Wib. Dengan baju koko putih dan peci hitam, Jokowi disambut oleh kiai pondok pesantren.

Tidak ada warga yang mengetahui kedatangan Jokowi. Suasana kedatangannya pun jauh dari sorak-sorai seperti biasanya. Jokowi lalu mengambil posisi shalat di saf ketiga dari depan. Jokowi berbaur dengan warga setempat.

Sementara itu, di luar masjid, kabar kedatangan Jokowi menyebar dari mulut ke mulut. Anak-anak paling terpengaruh. Dari luar masjid, mereka pun meneriakkan nama Jokowi.

Hingga pukul 20.17 WIB, Jokowi masih melaksanakan shalat tarawihnya. Umat Islam yang melaksanakan shalat tarawih pertamanya mengisi tiga per empat ruangan masjid.

Menurut warga setempat, masjid itu berada di kawasan pesantren tertua di kota pahlawan, yakni Pondok Pesantren Annajiyah. Masjid itu diambil dari nama seorang pahlawan kemerdekaan sekaligus tokoh agama bernama Ali Akbar.

Setelah meninggal, jasad Akbar dibawa ke Belanda dan dimakamkan di sana. Sementara, sang anak, Ali Ashor dimakamkan tidak jauh dari masjid dan ponpes tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com