Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Bagasi Lion Air Tertangkap Tangan Ambil Barang di Tas Penumpang

Kompas.com - 25/06/2014, 13:02 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Seorang petugas di bagian bagasi dari maskapai Lion Air berinisial AM alias Anwar tertangkap tangan mengambil barang di tas penumpang yang akan berangkat, sekitar pukul 09.00 Wita, Selasa (24/6/2014).

Aksinya diketahui pihak petugas keamanan PT Angkasa Pura II Bandara Sam Ratulangi yang mengawasi dari closed circuit television (CCTV).

"Sudah dari awal tindakannya mencurigakan. Petugas sudah melihat dari CCTV. Dia tertangkap tangan mengambil barang penumpang," kata Penyidik Sekuriti PT Angkasa Pura Gazali AR kepada Tribun Manado.

Anwar yang merupakan warga Kelurahan Ternate Baru, Lingkungan II, Kecamatan Singkil, ini mengambil topi milik penumpang Lion Air dari Manado-Jakarta. Gazali menuturkan, saat itu Anwar bekerja mengangkat tas dan memasukkannya satu per satu ke dalam bagasi. Tas yang diincarnya dilewatkan.

"Tas yang tidak ada gemboknya atau tidak terkunci, dia biarkan atau dia sisihkan sehingga dia masukkan barang lain dulu. Terakhir, dia angkat tas itu dan dia bongkar. Karena tidak ada barang berharga, dia ambil cuma topi. Saat ditangkap, kita cek bagasi, kita cek pemilik barang, kita cek penumpang apakah ada yang hilang atau tidak, dia bilang cuma topi lalu barangnya diberangkatkan," ujarnya.

Petugas keamanan Bandara Sam Ratulangi kemudian menahan Anwar dan menginterogasinya. Saat diinterogasi, petugas bandara menahan ID-nya dan mengambil identitas lainnya.

"Kita interogasi, apakah ada jaringan atau tidak, takutnya ada juga yang lain terlibat. Setelah menginterogasi Anwar, kami langsung serahkan ke Polsek Bandara," ucap Gazali.

Berdasarkan pantauan Tribun Manado, Anwar ditahan di dalam suatu ruangan di Polsek Bandara. Saat coba didekati, seorang anggota polisi mencegah.

"Jangan dulu wawancara, kita minta izin dulu sama atasan," tutur petugas kepolisian.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan Lion Air menyerahkan kasus tersebut ke Polsek Bandara Sam Ratulangi.

"Dia sudah diserahkan ke polsek bandara, 100 persen tentu dipecat. Hal-hal ini tidak diteloransi, langsung dilaporkan ke polisi juga. Ini sudah tidak bisa dipercayakan lagi," kata Chief Security Lion Air Meldy Daniel H kepada Tribun Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com