Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Memilih Bus dan Sopir!

Kompas.com - 19/06/2014, 09:25 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


SUBANG, KOMPAS.com - Kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, pada Selasa (17/6/2014), antara bus Desiana dan Toyota Kijang, diharapkan menjadi cermin keselamatan berkendara. Diharapkan, masyarakat lebih berhati-hati untuk memilih kendaraan yang ditumpangi.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Bidang Gakkum Korlantas Mabes Polri Kombes Pol Indra Jit kepada wartawan, saat ditemui di TKP kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Rabu, (18/6/2014).

"Saya mengimbau kepada guru-guru dan masyarakat semuanya, jika akan membawa anak-anak didiknya berlibur atau study tour, guru-gurunya agar mengecek dulu bus (kendaraan) yang akan ditumpangi, cek dulu kendaraannya, cek sopirnya, cek kelaikannya, cek kelaikan ban, kelaikan kemudi dan cek juga yang lainnya," kata Indra.

Ketika memilih kendaraan atau bus, kata Indra, jangan melihat murahnya. Sebab, percuma sewanya murah kalau keamanan dan kenyamanan tidak terjamin sehingga akhirnya malah menjadi celaka.

"Pilihlah bus yang terjamin segalanya dan memberikan kenyamanan. Jadi intinya, saya mengimbau kepada guru-guru jangan sembarangan memilih bus. Saya tegaskan itu. Kalau tahu begini (celaka), siapa yang mau kan?" ucapnya.

"Jangan sembarangan juga memilih sopir. Jangan pilih sopir yang kecapean yang sebelumnya mengendarai bus lain. Pilih sopir yang masih fit dan segar. Kalau misalkan sopir di perjalanan capek dan mengantuk, kami mengimbau agar istirahat dulu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com