Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama di Jatim Jadi Rebutan Klaim Timses Capres-Cawapres

Kompas.com - 02/06/2014, 18:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Tim sukses pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla maupun Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sama-sama mengklaim mendapatkan dukungan kiai NU dan ulama pesantren di Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Pemenangan Jokowi-JK Jawa Timur dari Partai Nasdem, Effendi Choiri, mengklaim telah mendapatkan dukungan dari ratusan ulama NU baik struktural maupun kultural, pemilik pesantren besar maupun kecil di seluruh wilayah Jawa Timur.

"Kiai berpengaruh dan pemilik pesantren besar di Jawa Timur, semua mendukung Jokowi," katanya, Senin (2/6/2014).

Pesantren-pesantren besar itu, antara lain, pesantren Tebuireng Jombang, Blok Agung Banyuwangi, Tambak Beras Jombang, Al-Hikam, Nurul Jadid Probolinggo, dan ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

"Semua ulama NU dan PKB dukung Jokowi, kecuali ketua PBNU, Said Agil Siraj, itupun atas nama pribadi dirinya," kata mantan politisi PKB ini.

Kata pria yang akrab dipanggil Gus Choi ini, Jokowi-JK yang diusung PDI-P, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, dan PKPI ini menargetkan kemenangan 62 persen dari Jawa Timur. Karena Jawa Timur ini gudangnya pesantren, maka wajar jika menjadi rebutan tim sukses capres-cawapres.

Kemarin, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Supriyatno juga mengklaim telah merangkul 99,5 persen kiai dan ulama NU kultural di Jawa Timur. Menurut Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur itu, para kiai sudah bertekad memenangkan Prabowo-Hatta di daerahnya masing-masing.

Prabowo-Hatta menargetkan menang 70 persen di Jawa Timur dan kemenangan besar di Jawa Barat, karena pemilih di kedua provinsi ini cukup besar dibanding daerah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com