Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Curiga Banyak Bangunan "Siluman" di Kota Bandung

Kompas.com - 26/05/2014, 21:04 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengendus banyaknya bangunan "siluman" di Kota Bandung. Menurut Emil—sapaan Ridwan Kamil, modus yang digunakan pemilik bangunan ilegal selama ini adalah menutup kavling bangunan lama yang akan dibongkar dengan seng tinggi.

"Kita wacanakan agar Kota Bandung tidak asal dibongkar, karena modusnya itu nutupin kavling dengan seng yang tinggi, lama-lama hilang, tiba-tiba jadi bangunan baru," kata Emil di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (26/5/2014).

Emil menegaskan, setiap ada bangunan yang ditutup dan dibongkar harus terlebih dahulu melaporkan ke Pemkot Bandung.

"Sekarang enggak boleh, setiap ada bangunan yang ditutup, kita harus cek dia punya izin atau tidak," katanya.

Sebagai langkah untuk mengantisipasi maraknya bangunan siluman dan penyalahgunaan tata ruang di Kota Bandung, Emil berencana akan membuat komunitas warga yang fokus terhadap hal tersebut.

"Jadi sekarang kita lagi bikin detektif tata ruang, orang yang melaporkan kalau ada pelanggaran tata ruang. Nanti kerja sama dengan Dinas Tata Ruang dan Ciptakarya (Distarcip) supaya kalau ada apa-apa di lapangan, kita bisa gerak berdasarkan laporan warga yang passion-nya di situ," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com