Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbanyak Museum, Bandung Menuju Kota Beradab

Kompas.com - 26/05/2014, 19:41 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyatakan akan membawa Kota Bandung menjadi kota yang beradab. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, untuk menjadi kota yang beradab perlu diperbanyak jumlah museum di Kota Bandung.

"Iya, karena ciri kota beradab itu museumnya banyak. Yang tidak beradab nggak ada museum karena tidak ada yang layak ditampilkan. Bandung menuju beradab," kata Emil saat meresmikan museum eks De Javasche Bank di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (26/5/2014).

Emil mencontohkan kota-kota beradab yang pernah dikunjunginya. Menurutnya, sebagian besar kota-kota tersebut berada di benua Eropa. "Seperti Paris dan Praha, galerinya banyak, museumnya banyak," jelasnya.

Lebih lanjut Emil menambahkan, sedikit demi sedikit Kota Bandung akan menjadi kota yang menonjolkan sejarah-sejarah panjang yang pernah terjadi. Dia pernah mengatakan, Kota Bandung wilayah tengah akan "dipagari" sebagai pusat wisata sejarah.

"Iya, orang kan ke Bandung tujuannya buat belanja, makan pasti punya nilai tambah. Nah, nilai tambah itu dari sejarah. Maka, kita akan proteksi bangunan ini (kolonial) sebagai ciri khas," ucapnya.

"Kalau semua bangunan modern apa bedanya sama kota lain," sambungnya.

Emil menjelaskan, Pemerintah Kota Bandung akan memperbanyak proteksi bangunan warisan eks kolonialisme Belanda. Saat ini, kata Emil, Perda tentang bangunan cagar budaya sudah ada. Untuk memperkuatnya, Emil berencana akan membuat Peraturan Wali Kota.

"(Revitalisasi ) sambil jalan sama Bandung heritage. Dari 100 bangunan kita upayakan jadi 600 bangunan yang dilindung," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com