Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Enam, Kuota Caleg Perempuan di Magelang Tak Terpenuhi

Kompas.com - 12/05/2014, 17:24 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kuota keterwakilan perempuan yang terpilih menjadi wakil rakyat Kota Magelang periode 2014-2019 tak terpenuhi. Dari 30 persen kuota yang disediakan, hanya enam orang perempuan saja yang dipastikan duduk di kursi dewan.

Hal ini diungkapkan Basmar Perianto Amron, Ketua KPU Kota Magelang, seusai Pleno Penetapan Perolehan suara dan Kursi Partai Politik serta Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Magelang Hasil Pileg 2014, Senin (12/5/2014).

Basmar menyebutkan, keenam calon anggota DPRD Kota Magelang terpilih dari kaum perempuan itu antara lain Dian Mega Aryani dari Partai Demokrat, Tyas Anggraeni Budi Prasetyo dari Partai Hanura, Titik Utami dari Partai Golkar, Nella Karnela Yunissari dari Partai Gerindra, Stin Sahyutri Soekisno dari PDIP, dan Windarti Agustina dari PDIP.

Sementara itu, sebanyak 18 orang calon legislatif terpilih dengan wajah baru akan segera menduduki kursi DPRD Kota Magelang. Sedangkan, caleg incumbent hanya tujuh orang yang kembali menduduki kursi wakil rakyat, dari 25 kursi yang ada.

"Sekitar 70 persen merupakan wajah baru. Pelantikan para caleg terpilih itu nantinya akan dilangsungkan pada bulan September 2014," tambah Basmar.

Sementara itu, berdasarkan rekapitulasi perolehan kursi, tiga pertai politik mendapat kursi terbanyak. PDIP meraih tujuh kursi, disusul Partai Golkar mendapat empat kursi dan Partai Demokrat mendapat tiga kursi.  

Sedangkan tiga besar parpol peraih suara terbanyak, pada urutan pertama diraih PDIP yang meraih 19.024 suara, disusul Partai Golkar di posisi kedua dengan perolehan 9.885 suara dan Partai Demokrat di tempat ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com