Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Mimpikan Surabaya Bisa Ungguli Singapura

Kompas.com - 02/05/2014, 17:48 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bermimpi menjadikan Surabaya lebih maju hingga bisa menyaingi Singapura. Dengan sumber daya yang ada saat ini, wali kota yang diusung PDI-P ini yakin Surabaya mampu menjadi kota pusat destinasi belanja.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong berkembangnya pasar untuk segmen menengah ke bawah. Caranya adalah dengan sebisa mungkin meminimalisasi terjadinya inflasi juga menjaga harga barang-barang tetap terjangkau.

"Sebab, kalau semua mahal, kota ini akan mati. Harga harus murah karena daya beli masyarakat akan meningkat," ujarnya, seusai melantik Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Surabaya, Jumat (2/5/2014).

Selain meningkatkan pasar segmen menengah ke bawah, wali kota perempuan pertama Surabaya ini juga akan mengembangkan pasar segmen menengah ke atas seperti destinasi untuk belanja gadget, khususnya untuk brand internasional.

"Yang penting bagaimana caranya untuk membuat orang luar datang ke Surabaya. Karena itu, image Kota Surabaya yang positif harus terus dibangun," tambahnya.

Risma mengaku beruntung, dalam waktu dekat Terminal Teluk Lamong di wilayah barat Pantai Surabaya akan dioperasikan. Menurut dia, fasilitas tersebut akan sangat mendukung masuk keluarnya barang, dari dan ke luar negeri melalui Surabaya. Jika semua infrastruktur dan sistem pasar dibenahi, pihaknya tinggal mempersiapkan sumber daya manusia.

"Di sini, posisi kebijakan di bidang pendidikan memiliki peran penting agar warga Surabaya bisa menyambut era perdagangan bebas ekonomi. Bukan justru dimanfaatkan orang lain," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com