Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Anggap Aksi Marah-marah Ganjar Masih Halus

Kompas.com - 30/04/2014, 16:41 WIB
sabrina

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak sengaja bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga rekan satu partainya itu dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Ketika bertemu, kedua kepala daerah ini pun berbicara santai soal kelakuan anak buahnya. Risma pun sempat menyinggung aksi marah-marah Ganjar di jembatan timbang Subah, Batang, beberapa waktu lalu.

"Saya lihat kemarin marahnya, kok halus?" canda Risma kepada Ganjar.

Ganjar pun tersenyum. Dia balik bertanya mengapa Risma menilai dirinya halus saat marah melihat langsung pungutan liar di jembatan timbang Subah. "Lho halus, kalau saya kan galak sekali," kata Ganjar.

Risma pun tertawa dan menyebut Ganjar tak segalak dirinya. Menurut Ganjar, dia sebenarnya sudah menahan amarah. Namun, lama-kelamaan, dia tidak bisa menahan marah hingga akhirnya meledak saat meninjau jembatan timbang itu.

"Aku wong Solo, enggak marah-marah. Gara-gara dia ini, nih," celetuk Ganjar.

Ganjar pun bercerita soal keluhan masyarakat yang diterimanya melalui Twitter. Tak jarang, kata Ganjar, masyarakat memaki dirinya dan melaporkan banyak hal soal pelayanan publik. Dia pun mengaku bingung ketika berita soal dirinya marah menyebar luas ke mana-mana.

"Tapi enggak apa-apa, biar kelihatan bantengnya," ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Menanggapi keluhan rekannya itu, Risma pun menyarankan agar Ganjar menempatkan kamera tersembunyi CCTV. Risma menceritakan kamera CCTV mulai diletakkan di taman dan lampu merah.

"Jadi kalau ada yang pacaran, kelihatan," canda Risma lagi. "Dolly, mbok pasangi sisan, Mbak? (Dolly, dipasang CCTV juga, Mbak?)," celetuk Ganjar. "Lho, sudah. Kalau ada yang datang ke sana, ketahuan. Ha-ha," jawab Risma lagi.

Kedua kepala daerah ini pun kemudian melanjutkan kegiatannya melihat pameran di lokasi acara Musrenbangnas. Mendengar pembicaraan kedua kepala daerah ini, banyak peserta Musrenbangnas yang tidak bisa menahan tawa.

Sebelumnya diberitakan, beredar sebuah video berisi rekaman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang marah-marah ketika menemukan adanya pungutan liar di jembatan timbang di Subah, Batang, Jawa Tengah. Dalam tayangan berdurasi 4 menit 6 detik itu, Ganjar tengah berbicara dengan petugas di kantor jembatan timbang. "Sudah biasa ya kayak begini?" hardik Ganjar kepada seorang petugas di kantor jembatan timbang tersebut.

Petugas tersebut tampak memberikan penjelasan. Namun, Ganjar tidak puas dengan jawaban petugas tersebut. "Sudah sampean ngaku, aku seneng," tambah Ganjar.

Namun, petugas tersebut tampak terus memberikan penjelasan. Ganjar mengaku melihat langsung beberapa kernet memberikan uang Rp 10.000 hingga Rp 20.000 atau di bawah denda resmi tertinggi sebesar Rp 60.000 kepada petugas.

"Uang itu tidak masuk ke kas kita, duit dilempar ke meja terus pergi, itu saya lihat berkali-kali," ujarnya geram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com