Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Jawaban UN di Bengkulu Dibanderol Rp 50.000 Per Paket

Kompas.com - 16/04/2014, 15:53 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Peserta ujian nasional tingkat SMA/SMK sederajat di Provinsi Bengkulu, Rabu (16/4/2014), dihebohkan dengan beredarnya kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Inggris melalui pesan singkat ponsel. Kunci jawaban dihargai Rp 50.000 per paket.

Pesan singkat lewat ponsel tersebut adalah, "Kirim kawan2 yg lain, ingat it yg listening..", disertai sejumlah jawaban berbentuk pilihan ganda.

"Saya juga dapat kiriman. Dengar kabar, kunci jawaban ini dihargai Rp 50.000 per paket. Karena tidak boleh membawa ponsel ke kelas, jadi kunci jawabannya disalin terlebih dahulu," ujar AI, salah seorang peserta ujian.

Ketua Panitia UN Provinsi Bengkulu, R Wahyu Dharma Priatna, mengatakan, setiap UN berlangsung, memang selalu saja muncul isu adanya kunci jawaban. Namun, ia berharap hal tersebut tak mempengaruhi siswa.

"Jauh sebelumnya, para peserta UN telah diingatkan untuk tidak mempercayai adanya isu soal kunci jawaban," kata Wahyu.

Naskah UN terdiri dari 20 paket soal ujian. Wahyu mengatakan, kemungkinan kebocoran soal sangat minim, bahkan bisa dikatakan tidak ada sehingga diharapkan siswa tidak mengisi soal ujian dengan menyalin kunci jawaban palsu tersebut.

"Saya pastikan kunci jawaban tersebut tidak benar. Mudah-mudahan yang sudah menerima kunci jawaban tersebut tidak gegabah untuk menirunya," kata Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com