Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kunjungan Kapolda, Dua TPS Fiktif Didirikan

Kompas.com - 15/04/2014, 14:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Penyelenggara Pemilu di Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, panik mendengar rencana kunjungan rombongan Kepala Polda Jawa Timur ke Sampang saat hari pencoblosan pileg 9 April lalu.

Mereka lantas memaksa mendirikan dua TPS fiktif di sebuah mushala. Berdasarkan keterangan beberapa saksi yang sempat dipanggil Bawaslu Jawa Timur, karena mendadak, TPS 8 dan 10 yang dibangun di mushala itu terkesan tidak sempurna.

"Ada sejumlah saksi yang datang ke TPS tersebut malah diusir," kata Anggota Bawaslu Jawa Timur, Andreas Pardede, Selasa (15/4/2014).

Namun untungnya, rombongan Kepala Polda yang melakukan sidak pengamanan pemilu tidak mengunjungi TPS 8 dan 10 itu.

Dalam kasus dugaan rekayasa pemungutan suara di desa tersebut, Bawaslu sudah melakukan pemeriksaan maraton dari KPU hingga KPPS. "Kebijakan tentang dugaan rekayasa ini masih akan dibahas di forum pleno nanti malam," ujarnya.

Seperti diberitakan, Bawaslu mencurigai ada rekayasa pemungutan suara yang terencana dan masif di Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang Madura, saat hari pencoblosan.

Di desa itu, diduga tidak ada aktivitas pemungutan suara, namun hasil pencoblosan lengkap dengan rekapitulasi suaranya, sudah tersedia.

Indikasi kecurangan yang dicium Bawaslu Jawa Timur antara lain, pemilih di desa tersebut hampir semua mencoblos dengan benar pada beberapa calon tertentu, meskipun faktanya sebagian besar pemilih disana buta huruf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com