Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Kodim Gagalnya Penyelundupan BBM ke Timor Leste

Kompas.com - 02/04/2014, 16:32 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com - Aparat Komando Distrik Militer (Kodim) 1605 Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, menggagalkan upaya penyelundupan 3,2 ton bahan bakar minyak (BBM) ke wilayah Timor Leste.

Kepala Seksi Intel Kodim 1605 Belu Kapten Infanteri Alexander Bessie, Rabu (2/4/2014) mengatakan, BBM yang diamankan tersebut adalah hasil operasi selama dua hari berturut turut sejak Sabtu (29/3/2014) dan Minggu (30/3/2014) kemarin.

“BBM yang kita amankan yakni jenis premium sebanyak 2.700 liter dan solar 500 liter di Pos Satgaster Kabuna dan Koramil Kakulukmesak. Semua BBM itu dimasukan dalam 103 jeriken berbagai jenis ukuran,” kata Bessie.

Menurut Bessie, BBM itu dibawa dengan menggunakan satu unit kendaraan jenis pikap, dengan nomor polisi percobaan DH 1029 XX dan sejumlah sepeda motor.

”Mereka angkut BBM itu tengah malam sekitar pukul 24.00 Wita menuju ke arah Timor Leste. Oknum yang membawa BBM itu adalah warga Atambua,” kata Bessie.

Penyelundupan itu, kata Bessie, diduga sudah sering dilakukan oleh oknum-oknum tersebut dan sudah merupakan sindikat penyelundup BBM antarnegara.

“Saat ini semua BBM, mobil pikap, sejumlah motor dan sejumlah oknum sudah kita serahkan ke Kepolisian Resor Belu,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada tanggal 15 Maret dan 16 Maret 2014 lalu Kodim 1605 Belu juga mengagalkan penyelundupan dua ton BBM melalui jalur laut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com