Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Jadi Narasumber Soal Sampah di Forum 38 Negara

Kompas.com - 26/02/2014, 13:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 38 menteri dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik, ASEAN, dan Asia Selatan, sejak Selasa (25/2/2014) kemarin hingga Kamis (27/2/2014) besok, menghadiri forum sampah level internasional "3R" (reduce, reuse, recycle), di Surabaya.

Selain pejabat menteri, forum juga dihadiri sekitar 400 delegasi dari ke-38 negara tersebut.

Menurut Kepala Bagian Kerja Sama, Pemkot Surabaya, Ifron Hady Susanto, Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah karena dinilai memiliki kelebihan dalam hal penanganan masalah sampah di perkotaan.

"Pembangunan berbasis lingkungan Kota Surabaya dinilai mengarah positif sejak dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini," katanya, Rabu (26/2/2014).

Forum yang juga digelar untuk memperingati Hari Peduli Sampah 2014 itu berisi serangkaian acara diskusi bertemakan lingkungan, seperti perubahan iklim dan manajemen pengolahan sampah.

Salah satu narasumber dalam forum ini adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Para delegasi juga akan diajak meninjau sejumlah lokasi pengelolaan sampah masyarakat seperti di Kampung Jambangan, Kampung Kertajaya, Kampung Gundih, serta Kompleks Perumahan Pondok Nirwana Eksekutif.

"Para delegasi juga diajak mengunjungi Super Depo Sutorejo, proyek sarana pengelolaan sampah antara Pemkot Surabaya dan Kitakyushu, Jepang," katanya.

Dalam rangkaian acara tersebut, Senin (24/2/2014), juga dilakukan deklarasi pengelolaan sampah oleh 22 kepala daerah se-Indonesia bersama para pelaku usaha, perwakilan lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Pekerjaan Umum di Balai Kota Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com