Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Yogyakarta Bersihkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 15/02/2014, 14:26 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Warga beserta ratusan petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI- Polri, DPU, PDAM dan Pemadam Kebakaran hari Sabtu (15/02/2014) serentak membersihkan Yogyakarta dari abu vulkanik Gunung Kelud.

"Serentak hari ini semua jajaran baik di kota dan kabupaten bergerak bersama masyarakat membersihkan DIY dari Abu Vulkanik," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi, Sabtu (15/02/2014) siang.

Gatot mengungkapkan, upaya membersihkan Yogyakarta dari abu ini serentak dilakukan menyikapi keputusan Gubernur DIY yang telah menetapkan tanggap darurat sampai 7 hari ke depan. Seluruh jajaran dan warga di DIY membersihkan setiap titik di wilayah mereka yang tertutup abu.

Jajaran Polda DIY menurunkan beberapa Water Canon untuk menyemprot abu, bersama Dinas Pemadam Kebakaran yang menggunakan mobil pemadam. Kegiatan bersih-bersih ini dimulai sejak pukul 07.00 Wib.

"Sebagai koordinator per wilayah kabupaten kita serahkan ke setiap BPBD Kabupaten. BPBD DIY sifatnya memberikan suport," tandasnya.

Menurutnya, jika tidak ada letusan besar lagi, hari Selasa atau Rabu depan wilayah DIY sudah bersih dari abu vulkanik Gunung Kelud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com