Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Massa Pro dan Kontra Pelantikan Soekarwo Turun ke Jalan

Kompas.com - 11/02/2014, 21:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi massa saat pelantikan gubernur-wagub Jatim terpilih, Rabu (12/2/2014) besok dipastikan tidak hanya dilakukan oleh massa penolak pelantikan. Massa yang mendukung Soekarwo juga dipastikan akan turun untuk mengamankan pelantikan pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Aksi massa penolak pelantikan akan dilakukan oleh elemen Insan Demokrasi (Indeks) Jatim. Sementara aksi massa yang mendukung pelantikan akan dilakukan oleh Poros Pemuda Jawa Timur (PP-Jatim).

Sekretaris Indeks Jatim, Amiruddin Alatas, Selasa (11/2/2014) mengatakan, akan menurunkan sekitar 140 orang massa dari sejumlah daerah seperti Madura, Jember, dan Surabaya sendiri.

"Pilgub Jatim belum usai, keputusan Mahkamah Konstitusi soal sengketa Pilgub Jatim harus diubah karena melalui proses yang tidak prosedural," katanya.

Sementara itu, Poros Pemuda Jawa Timur menjanjikan puluhan massa untuk mengamankan pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf untuk periode 2014-2019. Mereka akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengamankan acara pelantikan besok.

"Kalau ada pihak yang sengaja ingin membuat rusuh pelantikan, kami pun siap menghadapi mereka," tegas Koordinator Poros Pemuda Jatim, Mahmudi Ibnu Khotib.

Acara pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf akan dijadwalkan digelar di dua tempat, yakni di gedung DPRD Jatim untuk acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Mendagri, dilanjutkan di gedung Negara Grahadi untuk acara pelantikan Ketua PKK Jatim dan orasi politik. Sebanyak 3.000 personel polisi beserta peralatan lengkap akan disiapkan di dua lokasi tersebut untuk mengamankan acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com