Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Alternatif Kendal-Temanggung Tertutup Longsor

Kompas.com - 02/02/2014, 17:26 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com -Tebing setinggi 15 meter di Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung, Kendal, Jawa Tengah, Minggu (02/02) longsor, akibat hujan yang yang turun deras, sejak sabtu (01/02) kemarin.

Longsoran menyebabkan jalan alternatif yang menghubungkan Kendal dan kabupaten Temanggung tertutup oleh tanah. Sebagian ruas jalan tidak bisa dilalui kendaraan, sehingga dilakukan sistem buka tutup, untuk pengendara yang melewati jalan tersebut.

Menurut keterangan Danramil Pageruyung, Kendal, Lettu Inf. Sudyatmoko, ada tiga titik tebing di Pageruyung yang rawan longsor. Dua tebing di antaranya adalah tebing kecil dan tidak mengganggu lalulintas.

“Tebing yang paling rawan di Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung, tepatnya KM 52,400,” kata Sudyatmoko.

Sudyatmoko mengaku, pihaknya telah mengerahkan 7 personil TNI untuk membantu warga dan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, membersihkan tanah longsor yang menutupi setengah jalan.

Salah satu warga sekitar, Joko Prayitno,( 45), mengaku, tebing yang ada di sepanjang jalan Weleri - Sukorejo, memang rawan longsor sehingga membahayakan pengendara yang melintas.

"Bila hujan turun deras, harus hati-hati bila melewati jalan Weleri-Pageruyung Kendal ini,” akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com