Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Ibu Ditangkap Bawa Ribuan Detonator Aktif

Kompas.com - 03/01/2014, 15:04 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com — Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (3/1/2014) siang tadi sekitar pukul 11.30 Wita, mengamankan seorang ibu yang baru tiba dari Tawaw, Malaysia, sesaat setelah menginjakkan kaki di Pelabuhan Nusantara Parepare. Ibu tersebut bernama Hj Hasnah Umareng Junaid (46), warga Kabupaten Bone.

Perempuan paruh baya yang mengaku pedagang tersebut diamankan setelah kedapatan membawa ribuan butir detonator aktif yang dikemas dalam 30 dus. Kepada petugas, Hasnah mengaku mendapatkan detonator tersebut dari rekannya bernama Ali, untuk selanjutnya diserahkan kepada pria yang disebut-sebut bernama Gondrong, warga Benteng, Patiro Bajo, Bone.

"Saya tidak tahu barang apa itu. Saya hanya menerima titipan dari Ali untuk diserahkan kepada La Gondrong," katanya.

Hasnah mengaku, dengan membawa titipan tersebut, dia mendapatkan imbalan uang sebesar 200 ringgit Malaysia. Detonator tersebut, kata Hasnah lagi, menurut rekannya yang memberi titipan, akan dibawa ke Kabupaten Enrekang. "Teman saya itu cuma bilang mau dibawa ke Enrekang. Saya juga tidak tahu untuk apa," katanya.

Kapolsek Pelabuhan Parepare AKP Hari Galang kepada Kompas.com mengatakan, pelaku nyaris luput dari pantauan petugas karena saat turun dari kapal pelaku terlihat biasa saja, tanpa menunjukkan wajah panik. Namun, seorang petugas curiga, kemudian menahan pelaku dan menggeledah barang bawaan pelaku.

"Pelaku bersama barang bukti kita amankan. Kasusnya sementara kita kembangkan, termasuk pengejaran terhadap nama-nama yang disebutkan pelaku," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com