Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Kesal, Abang Kandung Bunuh Adik

Kompas.com - 31/12/2013, 15:15 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com — Naharuddin bin Budiman (48) tega membunuh adiknya sendiri, Halim bin Budiman (45), hanya karena dendam. Naharuddin kesal adiknya berkata kasar kepadanya.

Kejadian ini terjadi pada Selasa (31/12/2013) dini hari sekitar pukul 02.30 di Desa Ule Gle, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Aceh. Naharuddin sudah merencanakan pembunuhan itu seminggu sebelumnya.

Menurut pengakuan Naharuddin, dia kesal kepada adiknya karena ketika ditanya mengenai Askes milik ibu mereka, Halim mengatakan sudah membakarnya. Pada Selasa dini hari tadi dia melaksanakan niatnya tersebut.

"Saya sadar melakukan itu dan sudah merencanakannya sejak Kamis lalu, makanya saya datangi dia yang kerap tidur di meunasah (madrasah) setiap malam," ujarnya di Mapolres Bireuen, Aceh.

Menurutnya, lebih baik adiknya mati ketimbang sering melukai hati keluarga besar mereka sebab sang adik kerap berperilaku buruk karena ingin menguasai harta keluarga.

Setelah membunuh adiknya dengan sebilah celurit, Naharuddin melaporkan kejadian itu kepada kepala desa. Kemudian, ditemani kepala desa, dia menyerahkan diri ke Mapolsek Bireuen.

Kapolres Bireuen AKBP M Ali Kadhafi, S IK, mengatakan, pelaku terancam pidana maksimal pembunuhan berencana yakni 15 tahun penjara karena dikenakan Pasal 338 dan 340 KUHP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com