Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengerjaan Perbaikan Jalinbar Lampung Dihentikan

Kompas.com - 09/11/2013, 11:36 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Pengerjaan membuka jalur alternatif lintas barat Km 20 Lampung yang terkena longsor pada Rabu (6/11/2013) lalu dihentikan karena konstruksi tanah labil serta kondisi cuaca yang tidak mendukung.

"Kementerian PU dua hari lalu sudah berupaya membuka jalur alternatif di sisi jalan pascalongsor, namun pengerjaan itu tidak dapat dilanjutkan karena kendala di lapangan," kata Kepala Bidang Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Barat S Hendriyanto, Sabtu (9/11/2013).

Kontruksi tanah pada titik tersebut memang sudah retak. Proses pengangkutan bebatuan dengan alat berat menyebabkan kondisi tanah semakin labil. Oleh karena itu, pengerjaannya dihentikan.

Sebelumnya, terjadi longsor di lintas barat sepanjang 30 meter dengan kedalaman 50 meter. Longsor terjadi dua kali hingga kondisi badan jalan mengalami kerusakan yang parah. Satu kendaraan mobil terjebak hingga turut terperosok ke dalamnya.

Pengguna jalan dari arah Bandar Lampung menuju Krui dan Bengkulu atau sebaliknya terpaksa dialihkan jalur lintas tengah Kotabumi, Lampung Utara, yang memakan jarak tempuh lebih lama.

Pemerintah belum dapat memastikan sampai kapan jalur tersebut dapat dilintasi kembali oleh kendaraan umum. Diperkirakan, proses perbaikan membutuhkan waktu lama, mengingat kerusakan yang parah dari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com