Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Percobaan Penembakan Caleg PDI-P Mengenakan Penutup Muka

Kompas.com - 05/11/2013, 06:16 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dua pelaku percobaan penembakan terhadap calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengenakan penutup muka. Informasi ini didapatkan dari korban "salah tembak" pelaku.

Dua orang tak dikenal mencoba menembak Lestanta Budiman, caleg dari PDI-P, di kediamannya di Jalan Wahid Hasyim 40 B, Condong Catur, Depok, Sleman, DIY, Senin (4/11/2013) dini hari. Peluru yang diarahkan ke Lestanta meleset. Satu peluru mengenai Dian Prasetyo, rekan Lestanta, dan satu peluru lain menembus tembok rumah.

"Tiba-tiba ada motor berhenti di depan (depan rumah), saya kira tamu. Saat mau ditengok sudah bunyi dor dor dan saya melihat percikan api," ujar Dian. Dia melihat pelaku menggunakan senjata api jenis pistol.

Menurut Dian, pelaku mengenakan sepeda motor yang bukan jenis matic. "Pelat nomornya tidak ada," ujar dia. Wajah kedua pelaku tak bisa dia gambarkan karena mengenakan penutup muka. "Pakai cadar, jadi saya tidak bisa melihat wajahnya. Kalau dari saya, pelaku jaraknya sekitar 2,5 meter," tuturnya.

Dian adalah warga Desa Balaicatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Ketika penembakan terjadi, dia baru pertama kali bertandang ke rumah Lestanta. Selama ini dia pun merasa tak punya musuh.

"Baru pertama ini main ke rumah Mas Lobo (panggilan Lestanta Budiman). Tidak tahu masalah apa, saya merasa tidak punya musuh," ujar Dian. Hingga Senin petang, dia masih berada di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta, untuk menjalani operasi pengangkatan peluru di lengan kirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com