Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Rakyat "Kunker", Gedung DPRD Demak Kosong 4 Hari

Kompas.com - 03/10/2013, 19:54 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis


DEMAK, KOMPAS.com
- Aktivitas di kantor DPRD Demak kosong selama empat hari karena ditinggal pergi para wakil rakyat melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta. Terhitung sejak hari Selasa (1/10/2013) hingga Jumat (4/10/2013) besok, masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan maupun aspirasinya harus bersabar menunggu kedatangan dewan yang terhormat.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Kamis (3/10/2013), gedung DPRD Demak yang biasanya ramai, kini terlihat lengang. Hanya beberapa staf dan karyawan yang terlihat masuk kerja. Kondisi tersebut banyak dikeluhkan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Muhammad Rifai, koordinator Forum Komunikasi Rakyat dan Mahasiswa Demak (FKRMD) Kamis (3/10/2013) mengatakan, setiap kegiatan DPRD, baik bimbingan teknis (bintek), kunjungan kerja (kunker) maupun studi banding, selalu dikuti oleh semua anggota Dewan. Akibatnya, banyak agenda yang terbengkalai seperti pengisian kekosongan Wakil Bupati dan pengesahan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) serta agenda lain yang menyangkut kepentingan rakyat.

"Ini yang kami heran, bintek atau kunker ini seakan-akan hanya menyesuaikan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas, red) di luar provinsi. Kalau berbicara fasilitas, kota Semarang tidak kalah dengan Jogjakarta," kata Muhammad Rifai.

Menurutnya, anggaran bintek dan kunker dalam setahun hampir Rp 8 miliar. Sementara hasilnya belum menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat. "Bintek dan kunker, seakan-akan plesir para anggota dewan yang terorganisir," pungkas Muhammad Rifai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com