Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AU Miliki 18 Pesawat Grob G120 Asal Jerman

Kompas.com - 20/09/2013, 19:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pada tahun 2014 mendatang, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memiliki total 18 pesawat latih Grob G120TP-A. Dana yang digunakan untuk mendapatkan 18 pesawat buatan Jerman ini mencapai sekitar 72 juta dollar AS.

Sebanyak 18 pesawat akan dimiliki oleh TNI AU merupakan realisasi dari kesepakatan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman. Nantinya Grob G120TP-A buatan Jerman ini akan menggantikan pesawat latih AF202 dan T34 Carlie.

"Akan hadir lagi enam unit pada akhir tahun ini di triwulan keempat 2014 dan delapan lagi akan datang pada awal tahun depan," jelas Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Jumat (20/9/2013).

Ia mengungkapkan, dengan penyerahan empat pesawat ini, operasional Grob G120TP-A di jajaran Angkatan Udara bisa dimulai dan menggantikan pesawat latih AF202 dan T34 C.

"Pengadaan pesawat latih ini merupakan bagian dari progam pembangunan kekuatan Tentara Nasional Indonesia," tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum kabinet berakhir, pasukan TNI AU akan memilik 18 pesawat latih Grob G120TP-A. Total biaya yang dikeluarkan untuk 18 pesawat latih buatan Jerman ini mencapai 72 juta dollar AS. "Semua 72 juta dollar AS untuk 18 unit pesawat, dan sudah lunas," ucapnya.

Yusgiantoro berharap dengan hadirnya pesawat-pesawat latih ini bisa dioperasikan dan dioptimalkan dengan baik guna mencetak penerbang-penerbang yang andal di TNI AU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com