Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Miss World, Anjing Pelacak Disiagakan di Pura Besakih

Kompas.com - 11/09/2013, 11:40 WIB

AMLAPURA, KOMPAS.com — Empat anjing pelacak disiagakan di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali, menjelang kedatangan kontestan Miss World yang mengunjungi pura terbesar di Pulau Dewata itu.

"Kami siagakan sebanyak empat anjing pelacak untuk mengantisipasi gangguan keamanan," kata Wakil Kepala Polres Karangasem Kompol Sang Gede Sukawiyasa ditemui di Pura Besakih, Kabupaten Karangasem, Rabu (11/9/2013).

Menurut dia, anjing pelacak jenis rottweiler itu dikerahkan oleh Tim Satwa Polda Bali untuk mengendus hal-hal yang dianggap mencurigakan.

Ia menjelaskan bahwa Polres Karangasem mengerahkan 126 personel untuk mengamankan kedatangan para wanita cantik dari seluruh dunia itu.

Selain melibatkan petugas kepolisian, petugas dari Brimob dan Gegana Polda Bali juga turut dikerahkan membantu polisi setempat. "Tak hanya itu, kami juga dibantu pecalang (petugas keamanan adat), Linmas, dan TNI," ucapnya.

Rombongan para perempuan cantik dan bertalenta dari 130 negara di dunia itu dijadwalkan berangkat dari Nusa Dua, Kabupaten Badung, sekitar pukul 06.00 Wita.

Iring-iringan rombongan para kontestan dikawal aparat kepolisian dari Direktorat Lalu Lintas Polda Bali, termasuk dua petugas polisi wanita dan Korps Wanita Angkatan Darat yang disiagakan di masing-masing bus yang mengangkut para kontestan.

Selama melakukan kunjungan ke pura yang terletak di kaki Gunung Agung itu, para kontestan akan berkeliling melihat keagungan pura dan melihat tradisi masyarakat setempat.

Ajang kontes kecantikan dunia yang telah berusia 63 tahun itu diikuti 130 kontestan dari seluruh dunia yang saat ini tengah memasuki masa penjurian.

Selama masa karantina dan penjurian di Pulau Dewata, mereka dinilai dari kecerdasan dan agenda misi sosial yang telah dibawa oleh para kontestan.

Rencananya, final kompetisi kecantikan dunia itu akan digelar pada tanggal 28 September 2013 dan akan disiarkan di 160 negara di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com