Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Daerah Endemis Rabies Tertinggi

Kompas.com - 03/09/2013, 21:48 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Dinas Peternakan Provinsi Lampung menyatakan daerahnya merupakan endemis penyakit rabies tertinggi di Indonesia. Karena itu, Disnak Lampung sudah menyebarkan 51.500 vaksin rabies yang tersebar di seluruh puskeswan selama bulan September.
 
Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Provinsi Lampung, Arsyad mengatakan, dalam kurun sepuluh tahun terakhir, terdapat 45 orang meninggal dan 10 ribu kasus orang terkena gigitan hewan rabies.
 
"Angka tertinggi kematian pada manusia akibat rabies terjadi pada tahun 2007 dan tahun 2013," kata Arsyad di Bandar Lampung, Selasa (3/9/2013).
 
Populasi terbanyak hewan berpotensi rabies adalah di Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung, Metro, Pesisir Barat dan Lampung Tengah.
 
Arsyad memperkirakan, populasi anjing dan kucing di Provinsi Lampung mencapai 113.000 ekor anjing dan kucing liar.
 
"Pada hewan tersebut kami akan memberikan vaksin rabies yang mana kegiatan itu difokuskan di tempat-tempat pembuangan sampah dan beberapa tempat yang berpontensi berkumpulnya hewan itu," ujar dia.
 
Bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, tambahnya, dapat segera mengunjungi puskeswan terdekat atau dinas peternakan di kabupaten/kota masing-masing.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com