Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Rabies Serang 5 Warga di Bali

Kompas.com - 17/07/2013, 15:05 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com — Setelah sempat lama reda, kasus rabies kembali terjadi di Bali. Seekor anjing liar menyerang dan menggigit lima warga Dusun Kutuh Kelod, Desa Petulu, Ubud, Selasa (16/7/2013).

Akibat kejadian tersebut, seluruh korban langsung dilarikan ke puskesmas dan RS terdekat untuk segera mendapatkan vaksin antirabies. Setelah mendengar sejumlah warga digigit seekor anjing, warga desa kemudian beramai-ramai mengejar anjing tersebut.

Setelah tertangkap, warga kemudian membunuh anjing tersebut supaya tidak membahayakan warga lainnya. Anjing tersebut kemudian diserahkan ke Dinas Peternakan setempat untuk diperiksa.

"Berdasar pemeriksaan laboratorium, hasilnya positif (rabies)," ujar Kepala Dinas Peternakan Bali Putu Sumantra saat dihubungi Rabu (17/7/2013) siang tadi. Menurut Sumantra, anjing tersebut merupakan anjing liar yang turun dari gunung di sekitar desa.

Untuk saat ini, kondisi korban yang digigit sudah membaik karena hanya mengalami luka di bagian kaki dan bukan area fatal penularan rabies.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com