Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kapuas Pontianak Masih Ditutup untuk Mobil

Kompas.com - 02/09/2013, 07:57 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Jembatan Kapuas I Kota Pontianak, Kalimantan Barat hingga Senin (2/9/2013) hanya dibuka untuk sepeda motor, sepeda, dan pejalan kaki. Kendaraan roda empat atau lebih dilarang melintasi jembatan itu sejak Jumat (30/8/2013) malam.

Jembatan yang melintasi Sungai Kapuas di jantung Kota Pontianak itu ditutup menyusul insiden tertabraknya tiang pengaman jembatan oleh kapal tongkang pada Jumat malam. Tim teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum masih memeriksa kelayakan jembatan, apakah aman dilintasi kendaraan roda empat atau tidak.

Kepala Kepolisian Resor Kota Pontianak Komisaris Besar Hariyanta menuturkan, arus lalu lintas kendaraan roda empat dialihkan melalui Jembatan Kapuas II yang melintasi Sungai Kapuas di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Jembatan Kapuas I adalah infrastruktur vital di Kota Pontianak karena menghubungkan pusat kota dengan wilayah utara Pontianak serta beberapa kabupaten dan satu kota di Kalbar. Pengalihan arus lalu lintas menyebabkan kemacetan yang tak terhindarkan di berbagai ruas jalan.

Dengan pengalihan ini, pengemudi harus memutar hingga sekitar 16 kilometer untuk mencapai pusat kota. Alternatif yang ada untuk menuju pusat kota adalah menyeberang dengan menumpang kapal, dari Siantan ke Alun Alun Kapuas. Namun, alternatif ini pun terkendala hanya ada satu kapal untuk menyeberang sehingga kapasitas angkut pun terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com