Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Jelajah Sepeda Kompas-PGN Tinggalkan Banda Aceh

Kompas.com - 01/09/2013, 10:21 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Peserta Jelajah Sepeda Kompas-PGN rute Sabang-Padang sejauh 1.539 kilometer meninggalkan kota Banda Aceh, Minggu (1/9).

Sehari sebelumnya, 40 peserta jelajah sepeda itu telah memulai mengayuh sepeda mereka dari Tugu Kilometer Nol Indonesia yang berada di Kota Sabang. 

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, mengatakan jelajah sepeda kali ini merupakan aksi jelajah sepeda keempat yang digelar Kompas. "Aksi jelajah sepeda ini bertujuan untuk terus menumbuhkan rasa cinta indonesia, dengan bersepeda kita merajut Indonesia, tak ada indonesia tanpa Sabang, dan tak ada Indonesia tanpa Merauke," kata Budiman.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Herman Effendi, mengatakan rute pesisir barat selatan yang menjadi jalur tempuh Jelajah Sepeda merupakan jalur eksotik. "Setiap kilometer yang dilalui kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Selain itu jalur jalannya juga bagus," kata Herman saat melepas para peserta.

Kapolda juga menegaskan kepada para peserta untuk tidak mengkhawatirkan kondisi kemanan Aceh. " Aceh sangat aman dan kondusif untuk aktivitas apapun, termasuk bersepeda," tegasnya.

Kapolda ikut mengiring peserta Jelajah Sepeda hingga Kota Lamno, Kabupaten Aceh Jaya, yang berjarak 75km dari titik start Kota Banda Aceh.

Pelepasan peserta Jelajah Sepeda Sabang-Padang dilakukan di Lapangan Balang Padang Banda Aceh. Upacara pelepasan dihadiri oleh Kasdam Iskandar Muda, Brigjen Purwadi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com