Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien RSUD dr Soetomo Terancam Golput

Kompas.com - 27/08/2013, 16:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan pasien RSUD dr Soetomo Surabaya terancam tidak dapat memberikan hak suaranya pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Kamis (29/8/2013) mendatang.

Hingga hari ini, belum ada tanda-tanda akan dipasang tempat pemungutan suara (TPS) di rumah sakit terbesar di Jatim itu. Padahal, di sana terdapat ribuan pemilih dari pasien dan keluarga pasien yang tidak sempat pulang saat hari pemungutan suara. Jika tidak difasilitasi, dikhawatirkan mereka memilih golput.

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, Dodo Anondo, mengatakan, mereka adalah pemilik hak suara yang tiap hari memenuhi 1.472 kamar tidur di rumah sakit itu. Itu belum di Graha Amerta yang menyediakan 100 kamar dan dijaga 250 petugas medis.

"Kami sudah layangkan surat ke KPU Jatim, karena pada Pilgub 2008 lalu, ada TPS khusus di sini untuk pasien dan keluarga pasien," kata Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, Dodo Anondo, Selasa (27/8/2013).

KPU sendiri sudah menyarankan pasien dan keluarga pasien menyoblos di lima TPS terdekat dari RSUD dr Soetomo yakni TPS 01 yang berada di Jalan Lapangan Dharmawangsa, TPS 02 di Jalan Dharmawangsa Gg 3, TPS 03 di Jalan Dharmawangsa Gg 4, TPS 11 di Jalan Airlangga, serta TPS 46 yang berada di Jalan Raya Karangmenjangan.

Meski demikian, Dodo berharap KPU tetap menyediakan TPS khusus di dalam rumah sakit. "Ini untuk pasien yang tidak bisa jalan, atau pasien yang memiliki penyakit menular," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com