Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Wakil Wali Kota Manado Sidak Pasar

Kompas.com - 08/07/2013, 16:48 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Sehari menjelang Ramadhan, Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa sentra pasar tradisional.

"Kita perlu melakukan sidak untuk menjamin tidak ada pedagang yang dengan sengaja menahan stok kebutuhan bahan pokok, biar harga tetap stabil," ujar Mangindaan, Senin (8/7/2013).

Dengan ditemani sejumlah wartawan, Mangindaan langsung memantau ke dalam pasar dan menemui para pedagang. Wakil Wali Kota Manado yang datang tanpa protokoler ini menanyakan fluktuasi harga menjelang puasa.

"Belum ada kenaikan harga yang berarti, pasokan dari penyuplai masih aman sejauh ini," ujar Jemmy, salah satu distributor bahan pokok di Pasar Bersehati.

Menurut Jemmy, beras, gula, minyak goreng, serta terigu masih tersedia cukup aman dengan harga yang relatif stabil pula. Beberapa pedagang daging ayam juga mengakui bahwa harga daging ayam potong masih stabil.

Hal yang sama diakui pula oleh salah distibutor bawang merah, Udin (51). Menurutnya, pasokan bawang merah lokal dari Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Pulau Jawa lancar sehingga harga bawang masih pada kisaran Rp 40 ribu per kilogram di tingkat distributor.

Mizar (46), salah satu warga yang ditemui di sela-sela sidak Wakil Wali Kota Manado, mengaku senang dengan apa yang dilakukan oleh Mangindaan.

"Dengan begitu, ini menutup kemungkinan pedagang mempermainkan harga menjelang Ramadhan," ujar Mizar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com