Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pria Ini Gelapkan Motor dengan Modus Spionase Polisi

Kompas.com - 26/06/2013, 15:57 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com — Eko Safari (34), warga Ngemplakrejo, Kota Pasuruan, dan Jumandi (30), warga Kecamatan Tongas, Kabupaten Pasuruan, diamankan Satreskrim Polsek Wonorejo Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (26/6/2013). Keduanya diduga menggelapkan belasan sepeda motor dengan modus berpura-pura sebagai spionase polisi.

Saat menjalani pemeriksaan di Polsek Wonorejo, tersangka diketahui sudah menggelapkan 15 motor di dua wilayah, Kabupaten dan Kota Pasuruan. Saat melakukan aksinya, tersangka Eko cukup meyakinkan korban bahwa dirinya adalah spionase polisi.

"Untuk meyakinkan korban, ya saya taruh barang sesuatu saja, terus saya bawa pinjam motornya dan tidak kembali lagi," akunya.

Bahkan untuk memudahkan aksinya, kedua tersangka juga mengaku akrab dengan sejumlah personel polisi di wilayah hukum Kabupaten dan Kota Pasuruan. Akal bulus tersangka pun dipercayai calon korban sehingga dengan mudah meminjamkan motor ke pelaku.

"Jika sudah percaya, ya tinggal melarikannya saja, terus kita jual dan untuk senang-senang," lanjutnya.

Aksi kedua tersangka baru diketahui setelah sejumlah pemilik motor yang menjadi korban penggelapan melapor ke kantor Polsek Wonorejo. Selanjutnya, sejumlah polisi dari Satuan Reskrim pun disebar untuk menelusuri jejak pelaku.

"Memang aksi pelaku ini cukup cerdik, hanya mengaku kenal akrab dengan polisi, sudah bisa meyakinkan calon korban," ujar Kapolsek Wonorejo AKP Budi Utomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com