Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh Dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman

Kompas.com - 22/12/2023, 15:28 WIB
Zuhri Noviandi,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com–Perhelatan peringatan 19 tahun tsunami Aceh bakal dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh pada 26 Desember 2023 mendatang.

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal, mengatakan serangkai acara dalam rangka memperingati momen bencana 19 tahun silam itu telah berlangsung digelar di Museum Tsunami pada 16 dan 17 Desember 2023 yaitu Festival Smong.

“Peringatan puncaknya sendiri akan dilaksanakan kembali pada Selasa 26 Desember 2023 oleh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh,” kata Almuniza dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Arifin Senang Bisa Kuliah Gratis di UGM, Dulu Anak Korban Tsunami Aceh

Almuniza menyebutkan, peringatan 19 tahun tsunami yang pernah terjadi di Aceh menjadi sebagai refleksi diri bagi masyarakat Aceh untuk terus berdoa, berzikir, dan bersalawat.

Tak hanya itu, peringatan tsunami juga menjadi sebagai ruang edukasi kebencanaan dari tingkat SD, SMP, dan SMA untuk menumbuhkan atau pengetahuan kepada generasi yang belum merasakan bencana tsunami.

“Refleksi peringatan tsunami menjadi sejarah penting bagi daerah Aceh, banyak negara di dunia yang membantu kebangkitan Aceh yang dapat dilihat dari area Museum Tsunami maupun di area Blang Padang” ujarnya.

Menurutnya, 19 tahun peringatan tsunami bukanlah usia yang muda melainkan sudah sangat dewasa.

Baca juga: 5 Tempat untuk Melihat Jejak Tsunami Aceh 2004, Salah Satunya adalah Karya Ridwan Kamil

Bahkan, wisatawan mancanegara turut datang ke Aceh ingin melihat bukti sejarah mengenai bencana tsunami tersebut.

“Jadi, Aceh ini membangun rekonstruksi pasca tsunami itu bukan hanya Pemerintah Pusat, melainkan seluruh dunia ikut membantu Aceh,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com