Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Sori Nehe, Surga Tersembunyi Kota Bima yang Belum Dijamah

Kompas.com - 28/09/2023, 21:33 WIB
Syarifudin,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

BIMA, KOMPAS.com - Di sebagian wilayah pesisir Kota Bima, NTB, terkenal dengan deretan pantainya yang menawan dan populer di kalangan para wisatawan.

Salah satunya, Pantai Sori Nehe yang berada di sekitar perbatasan Kelurahan Kolo dan Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.

Pantai ini merupakan satu di antara beberapa wisata tersembunyi di Kota Bima. Pantai tersebut menyimpan keindahan yang belum banyak dijamah orang karena lokasinya tersembunyi.

Baca juga: Kecewa Pelantikan Lurah, Ketua RT dan RW di Bima Segel Kelurahan

Tak heran, kondisi kawasan pantai dan perairan pada objek yang satu ini masih bersih dan sangat terjaga dari sentuhan tangan manusia.

Dengan keindahan pasir yang lembut, laut yang jernih dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan, kawasan Kolo akhirnya mampu menarik perhatian pemerintah.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Muhammad Ntasir, destinasi ini rencananya akan dikembangkan sebagai tempat wisata baru di Kota Bima.

"Secara konsepnya memang sudah ada. Saat ini pantai tersebut sedang dalam proses pendalaman untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru. Hal itu bertujuan agar objek wisata tersebut dapat menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Muhammad Natsir kepada Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Pantai Watu Leter di Malang: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

Terkait Pantai Sori Nehe, pihaknya mengaku telah terjun ke lokasi untuk meninjau langsung potensi yang ada dalam kawasan wisata bahari itu.

Berapa foto Pantai Sori Nehe, wisata tersembunyi dipesisir utara Kota Bima yang belum dijamah.KOMPAS.COM/Dok Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima Berapa foto Pantai Sori Nehe, wisata tersembunyi dipesisir utara Kota Bima yang belum dijamah.

Menurut dia, Pantai yang masih terlihat alami dan bersih dari sampah ini cocok untuk dijadikan pilihan sebagai tempat yang layak dikunjungi.

Dari hasil surveinya, lokasi ini memang belum ada fasilitas yang memadai. Hanya ada beberapa pondok tua yang dibuat ala kadarnya oleh warga setempat.

Selebihnya masih dalam kondisi alami dan sangat cocok jadi tempat berkemah bagi pencinta alam.

Namun hal itu menjadi daya tarik tersendiri di pantai tersebut, dan bahkan dikenal masyarakat sekitar sebagai surga bawah air.

Pantai itu berada dibawah kaki Gunung Tonggo Hala yang berpadu langsung dengan laut lepas. Di sekitar juga terdapat pohon kelapa yang bisa digunakan untuk berteduh dari terik matahari.

Namun ada beberapa hal yang akan menarik perhatian saat tiba di pantai itu. Yakni para pengunjung akan disuguhkan hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang biru jernih.

Dari tepi pantai, pengunjung bakal menikmati pemandangan hamparan laut lepas dengan deru ombak yang mengalun pelan ke sisi pantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com