Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

6.000 Lampu Terangi Jalan Raya Bandung Barat, Hengky Kurniawan: Janji Politik Kami Tuntaskan

Kompas.com - 19/09/2023, 21:23 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan penuhi janji politik “Bandung Barat Caang” dengan memasang penerangan jalan umum (PJU) sebanyak ribuan titik di Jalan Raya Bandung Barat.

Pemasangan PJU tersebut melengkapi infrastruktur perbaikan jalan yang baru saja diresmikan beberapa hari lalu. Dengan demikian, janji politik yang sebelumnya ditawarkan Hengky itu benar-benar terealisasi.

"Satu per satu janji politik kami tuntaskan. Alhamdulillah setelah janji politik ‘Bandung Barat Leuncir’ selama dua tahun ini selesai. Selanjutnya, kami resmikan Bandung Barat Caang. Ada sekitar 6.000 titik yang dipasang PJU di jalan-jalan Bandung Barat," ujar Hengky saat ditemui pada peresmian Bandung Barat Caang beberapa hari lalu, seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Menurutnya, pemasangan 6.000 PJU tersebut terhitung masih kurang untuk menerangi jalanan Bandung Barat.

Baca juga: Pipa Gas di Tebet Bocor hingga Muncul Api, Diduga Akibat Galian Tiang PJU

Jika menghitung panjang jalan di Bandung Barat, kata Hengky, sedikitnya diperlukan PJU sebanyak 20.000 titik untuk menerangi jalan sampai ke daerah terpencil.

Untuk itu, ia menitipkan kepada pemerintahan selanjutnya agar program Bandung Barat Caang ini dilanjutkan meski Hengky sudah tak lagi menjabat.

"Meskipun masih banyak tapi Insya Allah tahun depan akan terus dilanjutkan. Saya sudah titip untuk terus dilakukan karena kalau ditotal kebutuhannya mencapai 20.000," tutur Hengky.

Ia berharap, Bandung Barat Caang dan Bandung Barat Leucir bisa menggenjot ekonomi di selatan Bandung Barat dan mengurangi aksi kriminal jalanan yang kerap terjadi di jalan sepi dan gelap.

Baca juga: Anak Jalanan Tewas Ditikam Temannya Sendiri, Satpol PP Pemalang Razia dan Amankan 23 Orang

"Insya Allah Bandung Barat Leucir dan Bandung Barat Caang bisa membantu aktivitas masyarakat semakin lancar dan juga meminimalisir kejahatan. Kalau terang begini maka tidak ada lagi oknum kejahatan yang beroperasi," ucap Hengky.

Menurutnya, jalan yang mulus dan terang musti disambut dengan lahirnya potensi-potensi baru dan pengembangan sektor wisata.

Salah satunya membangun kawasan selatan Bandung Barat sebagai kawasan wisata dengan konsep agroedutourism. Untuk diketahui, kawasan ini tengah dikaji untuk diproyeksikan sebagai objek wisata dengan konsep agroedutourism.

"Dengan penerangan ini, maka wilayah selatan (akan layak) sebagai daerah tujuan wisata. Setelah Alun-alun Cililin jadi wisata religi, maka akan kami kembangkan wisata alam lainnya," imbuh Hengky.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com