Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sigap Atasi Dampak Kekeringan di Kabupaten Serang, Pj Gubernur Al Muktabar Salurkan Bantuan Air Bersih dan Sembako

Kompas.com - 18/09/2023, 11:21 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan bantuan air bersih dan sembilan bahan pokok (sembako) bagi masyarakat yang terdampak kekeringan di Kecamatan Pontang dan Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Sabtu (16/9/2023).

Ia menyampaikan, pihaknya akan berkomitmen terus mendukung masyarakat Banten yang terkena dampak kekeringan.

"Kami berupaya sebaik mungkin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi sulit seperti ini. Bantuan air bersih dan sembako ini diharapkan dapat meringankan beban mereka dan memastikan kebutuhan dasar terpenuhi," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Langkah tersebut diambil sebagai respons atas situasi darurat yang dihadapi oleh sejumlah daerah di provinsi tersebut.

Baca juga: Kekeringan dan Krisis Air di Cianjur, BPBD Siapkan Pasokan Air Bersih

Dalam upaya mengatasi masalah kekurangan pasokan air bersih, Al Muktabar telah menginisiasi bantuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Sebanyak ribuan liter air bersih telah didistribusikan ke berbagai daerah yang terdampak di seluruh Banten.

Selain itu, ia juga menyalurkan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Paket yang terdiri dari beras dan bahan makanan pokok lainnya ini telah disalurkan kepada keluarga-keluarga yang terdampak langsung.

Adapun penerima bantuan sembako tersebut, di antaranya Desa Kademangan, Desa Linduk, Desa Domas, Kampung Sampangkulon, Kampung Sampang Susukan, Kampung Sidayu Desa Sidayu.

Baca juga: Mengenal Tradisi Cit Gwee, Bukan Cuma Rebutan Sembako

Bahkan, Al Muktabar membagikan sembako di Desa Sedayu hingga malam hari.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan terus berupaya maksimal dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat,” ujarnya.

Upaya tersebut, salah satunya dibuktikan Al Muktabar dengan membawa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait langsung turun ke lapangan.

Ia mengatakan bahwa langkah tersebut sebagai bukti kerja nyata dari birokrasi tematik yang harus berdampak ke masyarakat atau disebut dengan Ekspedisi Reformasi Birokrasi Berdampak.

Sebelumnya, Al-Muktabar juga telah melakukan Ekspedisi Reformasi Birokrasi Berdampak ke Banten Selatan pada akhir Agustus 2023 dengan memberikan langsung sembako, meninjau fasilitas kesehatan (faskes), dan pelelangan ikan.

Baca juga: Lomba Memancing, Peserta Temukan Ikan Langka di Sungai Citarum

Gerakan Panen Raya Padi

Selain memberikan sembako dan air, Al Muktabar melanjutkan rangkaian kegiatannya dengan melakukan Gerakan Panen Raya Padi di Kampung Cijablog, Desa Cerukcuk, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Minggu (17/9/2023).

Selain panen raya, Al Muktabar juga memberikan bantuan sumur pantek kepada Kelompok Tani (Poktan) Suka Maju dan Tani Maju.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com