Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Panti Jompo Tali Cinta Asih Diresmikan di Metro, Diharapkan Jadi Rumah Rehat bagi Lansia

Kompas.com - 24/07/2023, 16:47 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Gubenur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Panti Jompo Yayasan Tali Cinta Asih yang berada di Jalan Dirun, Kelurahan Karangrejo, Metro Utara, Minggu (23/7/2023).

Pada kesempatan itu, Arinal didampingi oleh Wakil Wali Kota (Wawalkot) Metro Qomaru Zaman, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pimpinan Panti Jompo Yayasan Tali Cinta Asih, serta sejumlah pengurus dan lanjut usia (lansia).

Dalam sambutannya, Arinal mengapresiasi dan mendukung peresmian panti jompo tersebut. Panti ini diharapkan bisa menjadi rumah rehat yang nyaman bagi lansia usia senja.

"Karena masa senja adalah masa masa yang seharusnya dipenuhi dan diwarnai dengan kasih sayang dan perhatian,” ujar Airnal, dikutip melalui keterangan persnya, Senin.

Ia menjelaskan, terdapat peningkatan penduduk lansia di Lampung. Hal ini ditandai dengan peningkatan usia harapan hidup menjadi 65-70 tahun.

Baca juga: Pemkot Metro Lampung Fasilitasi UMKM Dapat NPWP hingga Pelatihan Usaha

Data Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat, jumlah lansia yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah 412.421 orang atau 50 persen dari jumlah lansia di Provinsi Lampung.

“Menjadi lansia adalah kebahagiaan tersendiri. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, banyak permasalahan yang harus dihadapi dan disikapi dengan baik, sehingga para lansia tidak menjadi lansia yang bermasalah sosial,” tutur Arinal.

Menurutnya, Panti Jompo Tali Cinta Asih hadir di tengah-tengah perubahan nilai dan struktur yang terjadi dalam keluarga. Panti jompo ini merupakan pilihan terbaik untuk membantu lansia menjangkau berbagai sumber kebutuhan hidup yang menyejahterakan.

Sekretaris Panti Jompo Tali Cinta Asih Yunita Viria mengatakan, pihak panti terbuka bagi seluruh lansia, baik yang berada di Kota Metro maupun daerah luar.

"Dengan catatan, lansia yang terlantar atau ditinggalkan oleh keluarganya," tutur Yunita yang turut hadir dalam acara peresmian panti jompo.

Baca juga: Pemkot Metro Raih Piagam Penghargaan dari Ditjen Pendis Kemenag RI

Dia menjelaskan, Panti Jompo Tali Cinta Asih beroperasi secara tulus demi kebermanfaatan para lansia.

"Meski saat ini kami baru menampung 50 lansia, tetapi ke depannya kami berharap bisa menambah kapasitas, tentunya dengan dukungan stakeholder yang ada," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com