Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Perjalanan Bandung-Sumedang Kini Hanya 30 Menit lewat Tol Cisumdawu, Ridwan Kamil: Masa Depan Jabar

Kompas.com - 12/07/2023, 17:04 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil optimistis masa depan Jabar yang dirancang di kawasan Rebana Metropolitan akan makin terbuka dengan kehadiran infrastruktur yang sangat lengkap.

Paling baru, aktivitas ekonomi dan investasi di kawasan Rebana Metropolitan diyakini akan menggeliat usai Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) beroperasi secara penuh.

"Dari Bandung ke Sumedang biasa dua jam sekarang 30 menit, kalikan dengan jutaan kegiatan ekonomi, bayangkan berapa banyak pertumbuhan dan aktivitas positif yang akan hadir," ujarnya usai mengikuti kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Majalengka dan Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, Tol Cisumdawu akan melengkapi infrastruktur besar yang sudah terbangun lebih dulu, yakni Pelabuhan Patimban Subang, Bandara Kertajati Majalengka, dan Tol Cikopo-Palimanan.

"Cisumdawu ini pintu ke Rebana, masa depan Jabar, ada di ujung pintu Tol Cisumdawu, yaitu lahirnya 13 pusat pertumbuhan baru," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com. 

Baca juga: Bahagianya Ridwan Kamil Usai Tol Cisumdawu Diresmikan, Penantian 12 Tahun Tuntas

Kang Emil menyebutkan, Presiden Jokowi juga sudah berkomitmen akan membantu mengembangkan kawasan Rebana. 

Komitmen tersebut merupakan turunan dari lahirnya Peraturan Presiden (PP) Nomor 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar bagian selatan. 

Dalam kunjunganya ke Bandara Kertajati, Jokowi turut mengapresiasi minat investor dari beberapa negara yang akan berinvestasi di Kertajati. 

Dia mengatakan, pemerintah akan segera memutuskan dan mempercepat proses investasi para investor tersebut.

“Kami putuskan nanti Oktober agar yang mengoperasikan dan juga ikut dalam kepemilikan Bandara Kertajati kami harapkan traffic-nya, lalu lintasnya makin padat apabila ada investor luar yang bergabung di Bandara Kertajati ini,” ucapnya.

Baca juga: Di Sebelah Ridwan Kamil, Jokowi Sebut Sudah Kantongi 1-2 Calon Pj Gubernur Jabar

Jokowi juga berharap, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Kertajati sehingga dapat memberikan hasil terbaik. 

Apalagi, kata dia, Jalan Tol Cisumdawu yang telah diresmikan dapat mempersingkat waktu tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung.

“Saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan traffic yang sangat padat,” tutur Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meresmikan operasional Tol Cisumdawu secara penuh di Cisumdawu Twin Tunnel kilometer 169/200, Kabupaten Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com