Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wadahi UMKM Ekraf dan Seniman, Ridwan Kamil Resmikan Pasar Kreatif Jabar

Kompas.com - 08/07/2023, 20:50 WIB
Inang Sh ,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan Pasar Kreatif (Park) Jabar di Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Jumat (7/7/2023).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berharap, Park Jabar dapat menjadi ladang ekonomi bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan wadah kreativitas para seniman muda.

"Hari ini mengawali sebuah visi karena Jabar ingin terdepan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri terkait produk-produk ekonomi kreatif. Oleh karena itu, sebuah tempat di Bandung miliki tanah Jabar ini dijadikan Pasar Kreatif yang bentuknya bukan gedung seperti mal, tetapi kawasan yang unik yang terbuka bagi siapa pun,” tuturnya seperti dalam rilis pers yang diterima Kompas.com.

Kang Emil menambahkan, pembangunan kawasan Park Jabar baru berjalan di tahap pertama dan akan diteruskan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jabar. Nantinya, kawasan ini dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jaswita.

Baca juga: Ridwan Kamil: Helaran KKJ-PKJB Merupakan Identitas Jabar

"Ini baru tahap satu sesuai anggarannya. Nanti, diteruskan sampai tahap-tahap selanjutnya, sampai 27 kota/kabupaten mempunyai perwakilan dengan merek-merek lokalnya,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Kang Emil, pelaku UMKM ekonomi kreatif (ekraf) dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan “Jabar Merdeka” dari produk-produk asing.

Kang Emil juga berharap, Park Jabar dapat menjadi contoh atau motivasi bagi kota/kabupaten lain dalam menggeliatkan ekonomi UMKM.

"Kami melihat ekraf adalah andalan Jabar di masa depan dan karena berbasis gagasan orang Jabar rata-rata kreatif,” katanya.

Dia menyebutkan, lokasi Park Jabar sudah pas dan diharapkan sukses pada tahap berikutnya.

"Jadi, selain dikembangkan ke belakang, kami memotivasi kota dan kabupaten untuk mempunyai (Pasar Kreatif) dalam skala kecil dari kebijakan bupati atau wali kotanya masing-masing," terang Kang Emil.

Baca juga: Lewat Pameran KKJ-PKJB, Dekranasda Jabar Perluas Akses Pasar Sektor Kriya

Adapun semua produk yang disajikan di Park Jabar merupakan buatan lokal daerah Jabar. Pasar tersebut disyaratkan berasal dari gagasan dan kreativitas asli anak-anak muda Jabar.

Dengan konsep venue terbuka dari pintu masuk, Park Jabar menjadi kesempatan baik bagi para pelaku usaha kreatif untuk memperluas ide dan jangkauan pasar serta meningkatkan eksposur produk.

Selain itu, setiap momen Park Jabar dapat menjadi ajang inspirasi dan pertukaran ide antara para pelaku usaha kreatif di Jabar.

Sumbang 20,73 persen dari PDB ekraf nasional

Suasana Pasar Kreatif (Park) Jabar di Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Jum'at (7/7/2023).DOK. Humas Pemprov Jabar Suasana Pasar Kreatif (Park) Jabar di Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Jum'at (7/7/2023).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan, Park Jabar merupakan komitmen Gubernur Ridwan Kamil dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mempertemukan supply dan demand ekonomi kreatif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com