Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadiri IGRA Teacher Fest 2023, Atalia Praratya Minta Guru Ciptakan Generasi Muda Berakhlak dan Berkarakter

Kompas.com - 26/06/2023, 13:24 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil meminta Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Jabar untuk menciptakan generasi masa depan yang berakhlak baik dan berkarakter.

"Saya berharap kepada bapak-ibu guru IGRA untuk mendorong anak kita agar memiliki akhlak baik dan berkarakter," ucap Atalia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Pernyataan tersebut disampaikan Atalia saat menjadi pembicara dalam acara IGRA Teacher Fest 2023 di Grand Sunshine Hotel, Kabupaten Bandung, Minggu (25/6/2023).

Dalam acara tersebut, IGRA Jabar meluncurkan buku "Cikal Bakal Anak Negeri" dan Lagu Tematik karya guru IGRA dari Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Pemprov Jabar Jadi Percontohan Reformasi Birokrasi Tematik

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam acara IGRA Teacher Fest 2023 di Grand Sunshine Hotel, Kabupaten Bandung, Minggu (25/6/2023).
DOK. Humas Pemprov Jabar Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam acara IGRA Teacher Fest 2023 di Grand Sunshine Hotel, Kabupaten Bandung, Minggu (25/6/2023).

Selain melahirkan generasi muda berakhlak, Atalia berpesan kepada IGRA Jabar agar memiliki kompetensi pedagogis secara profesional.

Menurutnya, kompetensi pedagogis penting untuk memahami karakter anak-anak PAUD yang unik dan memiliki rasa imajinasi tinggi.

"Guru IGRA harus memiliki kompetensi pedagogis, profesional, dan komunikasi yang baik untuk menetapkan pola ajar yang tepat secara demokratis," tutur Atalia.

Oleh karenanya, lanjut dia, sebagai guru PAUD harus mampu memahami karakter anak yang berbeda satu dengan lainnya.

Baca juga: Rekrutmen CASN 2023, Formasi Tenaga Pendidik Masih Jadi Prioritas

Atalia mengungkapkan, pendidik yang tergabung dalam IGRA berperan penting untuk memupuk anak-anak didik dalam memahami pendidikan agama sejak kecil.

"Pendidikan agama menjadi hal yang sangat penting bagi anak-anak. Saya salut untuk bapak ibu semua yang menjadi pendidik sejati bagi ribuan anak didik. Karena dari kita akan hadir generasi penerus masa depan yang selalu dibimbing dan dibina oleh IGRA," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com