Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Maluku Barat Daya Jadi Lokasi Pembangunan SKPT, Bupati Benyamin Perintahkan OPD Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 16/02/2023, 12:21 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Thomas Noach memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan beberapa hal setelah MBD dipilih sebagai lokasi kerja pembangunan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT).

Pertama, kata dia, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus membersihkan kawasan dibangunnya SKPT agar pembangunan segera berjalan tanpa ada hambatan.

Kedua, mengusulkan agar proyek pembangunan SKPT dapat melibatkan masyarakat setempat dan bersedia terikat dengan aturan yang diberlakukan oleh pihak kontraktor,” ujar Benyamin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Ketiga, lanjut dia, melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin bekerja dalam proyek tersebut untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh kontraktor.

Pernyataan tersebut disampaikan Benyamin saat menghadiri Rapat Penyerahan Lokasi Kerja Pembangunan Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Tiakur SKPT di Ruang Rapat Kantor Bupati MBD, Rabu (15/2/2023).

Baca juga: Dimulai, Pembangunan Prasarana dan Sarana Pelabuhan Perikanan Ukurlaran SKPT Saumlaki

Seperti diketahui, Maluku Barat Daya terpilih sebagai salah satu lokasi pembangunan SKPT melalui hasil kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP) dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Dalam kesempatan itu, Benyamin mengimbau segenap unsur pemerintah daerah (pemda) agar mendukung pembangunan SKPT di Pulau Moa.

“Besar harapan dengan adanya SKPT di MBD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor perikanan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Benyamin, pembangunan SKPT diharapkan dapat menarik investor luar untuk berinvestasi serta meningkatkan perekonomian di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya sangat antusias menyambut kedatangan perwakilan Kementerian KP dan kontraktor pekerja proyek.

Baca juga: Gempa Turkiye Robohkan 6.000 Bangunan, 12 Orang Ditahan Termasuk Kontraktor

Benyamin juga mengaku senang dengan adanya pembangunan SKPT yang akan segera dilaksanakan setelah selesai serah terima lokasi pekerjaan.

“Pertama-tama, kami pemda dan seluruh Kabupaten MBD mengucapkan selamat datang kepada bapak-bapak semua, terutama dalam rangka pembangunan SKPT di Pulau Moa,” ujarnya.

“Dan hanya perkenanan Tuhan, kami diberi kesempatan untuk memulai suatu pekerjaan yang besar dan mudah-mudahan bisa membawa peningkatan kesejahteraan rakyat Maluku Barat Daya,” tambah Benyamin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati (Wabup) Agustinus Lekwardai Kilikily meminta OPD terkait agar segera membersihkan kawasan pembangunan SKPT, khususnya speed boat dan perahu yang masih berada di lokasi agar segera dipindahkan.

“Dan untuk melancar pekerjaan ini menyangkut dengan air bersih, (saya minta OPD) agar segera melakukan koordinasi dengan pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menyalurkan air bersih di lokasi pekerjaan,” jelasnya.

Baca juga: Penghuni Rusun Marunda Sulit Air Bersih, PAM Jaya Bakal Buat Bak Penampungan Air

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com