Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 157 Santri di Cilacap Positif Covid-19, 39 Sembuh

Kompas.com - 14/10/2020, 21:05 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Santri dari salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang terpapar virus corona (Covid-19) terus bertambah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, hingga saat ini total santri yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 157 orang.

"Sebagian besar orang tanpa gejala (OTG)," kata Pramesti melalui pesan singkat, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: 328 Santri Positif Covid-19 di Banyumas, 159 di Antaranya Sembuh

Meski demikian, kata Pramesti, jumlah santri yang telah dinyatakan sembuh juga terus bertambah. Hingga saat ini tercatat sedikitnya 39 santri yang dinyatakan sembuh.

Atas temuan klaster tersebut, lanjut Pramesti, pihaknya telah melakukan swab massal di ponpes tersebut. Tercatat 1.030 orang di lingkungan ponpes telah menjalani tes swab yang dilakukan beberapa tahap.

"Yang sudah keluar hasilnya ada 295 orang, di mana 115 di antaranya positif, 141 orang negatif dan 39 orang telah sembuh," ujar Pramesti.

Baca juga: 600 Santri di Jateng Terpapar Covid-19, Wagub Minta Ponpes Lockdown

Sementara sisanya, kata Pramesti, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium.

Diberitakan sebelumnya, setelah Kabupaten Banyumas dan Kebumen, klaster penyebaran virus corona (Covid-19) juga muncul di salah satu ponpes di Cilacap.

Temuan tersebut bermula dari adanya salah seorang santri yang berobat ke puskesmas. Santri tersebut mengeluh demam, batuk dan kehilangan indera penciuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com