Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Covid-19 di Babel Turun Drastis dari 148 Jadi 20 Kasus

Kompas.com - 25/06/2020, 12:55 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Selama empat hari berturut-turut atau terhitung 21 hingga 24 Juni 2020, tidak ada penambahan kasus baru pasien Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, angka kesembuhan bertambah dari 117 menjadi 126 pasien dari total 148 pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Dengan demikian tersisa 20 pasien yang masih dalam proses perawatan dan 2 pasien meninggal dunia.

"Alhamdulillah tidak ada kasus baru yang muncul. Dalam waktu bersamaan ada 9 pasien yang sembuh sehingga jumlahnya dari 117 menjadi 126 pasien sembuh," kata Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 24 Juni 2020

Mikron menuturkan, capaian nol kasus selama beberapa hari terakhir patut diperhitungkan karena dalam waktu bersamaan rapid test dan uji swab tetap dilakukan.

"Ini memacu semangat petugas untuk terus menekan angka Covid-19. Harapan kami semua pasien ini sembuh sehingga nantinya zero Covid-19," ujar Mikron.

Dari kasus-kasus yang muncul, pandemi Covid-19 kata Mikron cenderung bisa dikendalikan. Ini dilihat dari angka kesembuhan yang terus bertambah. Sedangkan di sisi lain, hanya tercatat dua kasus kematian sejak pandemi diumumkan beberapa bulan lalu.

"Kalau kita lihat lagi pasien meninggal ini karena faktor usia yang sudah tua dan ada penyakit bawaan seperti diabetes, ginjal dan paru," ujar dia.

Baca juga: Meski Pandemi Covid-19, Permintaan Karet Alam Babel dari 4 Negara Tetap Stabil

Menurut Mikron, sejumlah klaster yang menjadi penyumbang terbesar angka Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung bisa diputus mata rantainya. Bahkan pasien-pasien yang tercatat dalam klaster tersebut sebagian besar sudah dinyatakan sembuh.

"Dari kapal tanker dan kapal keruk timah ini cukup dominan. Sebagian besar dari mereka justru telah sembuh dan pulang," ucap Mikron.

Masyarakat tetap diingatkan agar mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker serta rajin cuci tangan agar pandemi segera berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com