Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Covid-19 Sumsel Bertambah 50, Jubir: Itu karena Tracing Agresif

Kompas.com - 16/06/2020, 22:07 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sumatera Selatan kembali mendapatkan tambahan kasus baru sebanyak 50 orang yang dinyatakan positif terpapar virus corona setelah menjalani pemeriksaan lab.

Sehingga, total kasus positif  Covid-19 di Sumatera Selatan saat ini telah mencapai 1.498 orang, Selasa (16/6/2020).

Adapun 50 kasus tambahan baru tersebut, tersebar di kota Palembang sebanyak 49 orang dan Kabupaten Muara Enim satu orang. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 16 Juni 2020

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan dokter Iche Andriyani mengatakan, selain bertambahnya kasus baru, jumlah pasien yang sembuh juga bertambah sebanyak 19 orang.

Mereka berasal dari Kabupaten Ogan Ilir satu orang, Lubuk Linggau lima orang, Lahat dua orang dan Banyuasin dua orang. Sehingga total sembuh saat ini berjumlah 670 orang.

"Dengan kasus yang terus bertambah, artinya tracing kita agresif karena jumlah kapasitas pemeriksaan PCR meningkat,"kata Iche dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung,

Ahli Epidemologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya ini menerangkan, berdasarkan analisis yang ia lakukan, jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh di Sumsel juga lebih tinggi dibandingkan angka nasional.

Baca juga: Detik-detik Jatuhnya Pesawat TNI, Pilot Dengar Suara Aneh Diikuti Warning Life

Tingkat kesembuhan tinggi, tingkat penularan juga tinggi

Dimana dari total 1.448 kasus pada Senin (15/6/2020) kemarin, jumlah sembuh tercatat sebanyak 651 orang.

"Kesembuhan kita 44,96 persen, lebih tinggi dari angka nasional yakni 38,5 persen,"ujarnya.

Tiga laboratorium di Palembang telah digunakan untuk melakukan pemeriksaan sampel terhadap pasien PDP Covid-19. Dalam sehari, sebanyak 800 spesimen bisa diperiksa, sehingga tracing penanganan virus corona bisa dipercepat.

Baca juga: Plt Walkot Medan: Banyak PHK Malah Tagihan Listrik Naik, PLN Seharusnya Bantu Warga...

"Angka penularan kita masih tinggi yakni diatas 1,09 persen. Masyarkaat diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,"imbuhnya.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumsel sampai saat ini tercatat sebanyak 7.608 orang dengan rincian selesai pemantauan 5.865 orang dan masih dalam pemantauan 1.743 orang.

Lalu, jumlah Pasein Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 807 orang dengan hasil selesai pemantauan 319 orang dan masih dalam proses pengawasan 488 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com