Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 Sumsel: Tak Ada Kasus Baru, Jumlah Pasien Sembuh Jadi 43

Kompas.com - 05/05/2020, 05:45 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan (Sumsel) tak mendapatkan tambahan kasus baru terhadap orang yang terpapar virus Corona

Sehingga, sampai saat ini jumlah kasus positif masih 185 orang, Senin (4/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Penganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, jumlah kasus pasien positif yang dinyatakan sembuh mengalami peningkatan.

Tercatat, ada tujuh pasien baru yang dinyatakan sembuh. Mereka  berasal dari kota Prabumulih, Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU) dan Banyuasin, dimana dari hasil uji lab sebanyak dua kali dinyatakan telah negatif terpapar virus corona.

"Untuk penambahan kasus baru hari ini nihil. Kasus sembuh bertambah tujuh orang, dengan demikian jumlah pasien sembuh sebanyak 43 orang," kata Yusri saat menggelar konfrensi pers yang disiarkan secara langsung. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 4 Mei 2020

Yusri menerangkan, tidak adanya kasus tambahan positif baru tersebut dikarenakan hasil dari uji sampel di laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang memang belum mengeluarkan hasil kasus konfirmasi positif baru.

Saat ini ada 774  sampel yang masih menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium.

"Hampir tiap hari sampel yang keluar masuk itu sekitar 700 an, jadi memang kesannnya tidak bergeser. Namun, memang pada hari ini tidak ada tambahan kasus baru karena hasil lab juga memang tidak ada,"ujarnya.

Disisi lain, Yusri mengatakan, mereka mendapatkan laporan baru jumlah pasien Covid-19 yang meninggal.

Pasien tersebut merupakan nomor 177 yang berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan telah dimakamkan sekitar satu pekan lalu.

"Hasil labnya sudah keluar kemarin dan positif Covid-19. Pasien itu sudah dimakamkan satu pekan lalu,"ujarnya.

Baca juga: 2 Personel Polda Sumsel Ditahan karena Beli Pistol Curian dari Bangka Belitung

Sementara itu, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 4.210

dengan rincian selesai pengawasan 3.236 orang dan masih dalam pemantauan 974 orang. Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 253 orang dan selesai pengawasan 133 orang. Lalu, 120 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Sedangkan sampel yang diperiksa di lab berjumlah 1.150 orang dengan hasil positif 185 orang, negatif 192 orang, masih proses 774 orang.

"Untuk penambahan PDP pada hari ini sebanyak 10 orang,"jelas Yusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com