Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah, Padang dan Bukittinggi Ajukan PSBB

Kompas.com - 14/04/2020, 07:18 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kota Padang dan Bukittinggi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pengajuan tersebut berdasarkan keputusan dari rapat gubernur Sumbar dengan kepala daerah tersebut.

"Keputusan rapat kemarin memang begitu. Padang dan Bukittinggi berniat melaksanakan PSBB," kata Kepala Biro Hubungan Mayarakat Pemprov Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Cerita Wali Kota Padang: Ada Warga Diingatkan Pakai Masker Malah Nantang Petugas

Jasman menyebutkan dua daerah tersebut dinilai bisa memenuhi syarat untuk melaksanakan PSBB, dimana salah satunya adalah jumlah kasus yang terus meningkat tiap hari.

Diketahui, di Padang sudah ditemukan 30 kasus positif Covid-19, sedangkan di Bukittinggi ada 10 kasus.

"Meskipun demikian, Padang dan Bukittinggi harus melengkapi persyaratan lainnya agar bisa dikabulkan PSBB nya," jelas Jasman.

Menurut Jasman, PSBB untuk Padang dan Bukittinggi itu diajukan ke Pemprov Sumbar dan kemudian diteruskan ke Kemenkes RI.

"Nanti yang menentukan adalah Kemenkes RI. Pemprov hanya meneruskan," ujar Jasman.

Baca juga: Tahanan Polres Bukittinggi Diisolasi karena Istrinya yang Hamil 8 Bulan Meninggal Positif Covid-19

Untuk Sumbar sendiri, menurut Jasman dinilai belum memenuhi persyaratan karena masih banyak kabupaten dan kota yang aman dari Covid-19.

"Tidak semua daerah yang ada kasus Covid-19. Sawahlunto, Agam, Sijunjung, Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Solok dan masih banyak lagi yang masih aman dari Covid-19 ini," kata Jasman.

Sebelumnya Pemprov Sumbar memang ada niat untuk mengajukan PSBB mengingat kasus yang terus bertambah, namun melihat persyaratan dinilai Sumbar belum memenuhi.

Hingga Senin (13/4/2020) tercatat ada 45 kasus positif Covid-19. Tujuh diantaranya sudah sembuh dan tiga meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com