Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cianjur Berlakukan Isolasi Lokal, Pertahankan Status Zona Hijau Covid-19

Kompas.com - 30/03/2020, 15:56 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terus berupaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, salahsatunya dengan memberlakukan isolasi lokal.

Kebijakan isolasi lokal ditempuh sebagai langkah strategis memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Cianjur.

Plt Bupati Cianjur Herman Suhernan mengatakan, kebijakan tersebut akan diberlakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Petugas kami, dari Dishub, Satpol PP dan tim medis dari Dinkes telah disiagakan untuk menjaga perbatasan-perbatasan Kabupaten Cianjur dengan kota/kabupaten lain," kata Herman kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Baca juga: 1.029 Jiwa Mengungsi akibat Longsor di Cianjur

Disebutkan, selama isolasi lokal akan diberlakukan pembatasan kendaraan yang masuk dari luar kota, terutama yang datang dari wilayah Jabodetabek, khususnya wilayah yang zona merah Covid-19.

"Kalau bukan warga Cianjur akan diarahkan putar balik. Untuk warga Cianjur yang datang dari luar daerah akan diperiksa kesehatannya, untuk selanjutnya harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di bawah pengawasan petugas medis,” tutur Herman.

“Namun, kita tetap mengimbau kepada warga Cianjur yang ada di luar kota untuk tidak pulang pada momen mudik lebaran nanti,” ujar dia.

Pihaknya berharap, dengan kebijakan ini bisa menutup akses potensi penyebaran Covid-19 dari luar daerah.

Baca juga: Kapolres Cianjur: Ada Sanksi Pidana bagi Warga yang Tak Patuh Imbauan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com